Halaman

Kamis, 21 Juni 2012

Aplikasi Perkuliahan Dengan Cara Softskill

Pengertian Soft Skill
                Soft skill adalah suatu kemampuan, bakat, atau ketrampilan yang ada  di dalam diri setiap manusia. Soft skill adalah kemampuan yang di lakukan dengan cara  non teksnis, artinya tidak berbentuk atau tidak kelihatan wujudnya. Namun ,  soft skill ini dapat dikatakan sebagai ketrampilan personal. Yang dimaksud softskill personal adalah kemampuan yang di manfaatkan untuk kepentingan diri sendiri. Misalnya, dapat mengendalikan emosi dalam diri, dapat menerima nasehat orang lain, mampu memanajemen waktu, dan selalu berpikir positif. Itu semua dapat di kategorikan sebagai softskill personal. 
                Secara garis besar soft skill bisa digolongkan ke dalam dua kategori : intrapersonal dan interpersonal skill. Intrapersonal skill mencakup : self awareness (self confident, self assessment, trait & preference, emotional awareness) dan self skill ( improvement, self control, trust, worthiness, time/source management, proactivity, conscience). Sedangkan interpersonal skill mencakup social awareness (political awareness, developing others, leveraging diversity, service orientation, empathy dan social skill (leadership,influence, communication, conflict management, cooperation, team work, synergy).

                 Contoh softskill yang ada pada diri kita yaitu kejujuran,, karen sesuatu yang kita kerjakan dengan kejujuran pasti akan menghasilkan yang lebih memuaskan. kemudian tanggung jawab, apapun kegiatan yang kita lakukan dengan jujur baik itu untuk diri kita atau orang lain pasti akan memiliki tanggung jawab yang besar dan apapun hasil dari yang kita kerjakan kita harus dapat menerima dan dapat bertanggung jawab atas kerjjann yang kita lakukan karen tanggung jawab adalah salha satu contoh dari softskill. kemampuan bekerja sama, kita harus mempunyai kemampuan kerja sama yang bagus atau teamwork dalam nekerja karena dengan itu kita dapat saling percaya dengan pendapat oarang lain dan dapat menhargainya. kemampuan adaptasi dan toleran, kita juga harus pintar beradaptasi dengan sekitar lingkungan kita baik itu lingkungan sekitar rumah atau dilingkungan kerja dan juga haru bersikap toleran terhadap orang lain. hormat terhadap sesama sangat penting apabila kita menhormati orang lain otomatis kita juga dapat dihargai dan dihormati orang lain. kemampuan mengambil keputusan dan mempunyai kemampuan menyelaesaikan masalah, untuk mengambil keputusan dan pemecahan masalah yang baik kita harus memiliki sikap jujur,tanggung jawab, bekerja sama, beradaptasi dan toleran, sikap menhormati itu semua menjadi satu agar dapat menyelesaikan masalah dengan baik.   


Aplikasi Perkuliahan SoftSkill
             Aplikasi perkuliahan dengan cara softskill adalah salah satu mata kuliah yang mengasah keterampilan mahasiswa untuk dapat berkreasi terutama pada penulisan. Penulisan tersebut bisa berisikan materi dari perkuliahan matakuliah yang ditunjuk untuk dijadikan bahan tuisan yang kemudian di upload dimasing masing blog, selain itu kita bisa menulis tentang hal hal yang lain seperti, mengomentari soal suatu permasalahan yang ada di sekitar kita, atau sebuah peristiwa yang sekarang-sekarang ini sedang gencar-gencarnya diberitakan diberbagai media baik media elektronik maupun media cetak.kemudian kita dapat menuliskan beberapa karya penulisan seperti cerpen, novelit, pusi ddan lain sebagainya.
         
             Manfaat dari softskill adalah, salah satunya dapat bertukar informasi dengan banyak orang, kita menjadi sangat tau dengan cepat informasi yang sekarang sedang up to date atau yang sedang berkembang di lingkup masyarakat, kemudian mahasiswa menjadi lebih kritik menanggapi hal-hal yang ada di tulisan masing masing dari penulis yang lain, sehingga mahasiswa tergerak untuk menulis sebuah tulisan yang bermanfaat dan baik.

               Namun diharapkan menjaga tata cara penulisan denganmenggunakan bahasa yang baik dan benar agar para pembacanya bisa menikmati makna dari isi penulisan tersebut.
           Untuk melakukan Posting blog, tentunya kamu harus login terlebih dahulu dengan menggunakan Username dan password yang telah kamu buat sebelumnya.

Untuk melakukan Posting Blog dari halaman Dashboard blogger, kliklah Menu "New post". Sedangkan jika kamu ingin melakukan posting blog tetapi tidak dari halaman Dashboard, maka kliklah tab "Posting" kemudian klik Menu "Create".

Sebelum kamu melakukan Posting Blog, ada yang ingin saya sedikit jelaskan yaitu tentang halaman kerja dari tab Posting yang terbagi dalam dua mode yaitu mode "Compose" dan mode "Edit Html" .

Menurut saya, mode Compose merupakan salah satu kelebihan dan kemudahan yang diberikan oleh blogger.com kepada para pengguna blog yang belum mengerti tentang HTML, agar supaya bisa menuliskan posting blog.

Sedangkan mode Edit Html, kebanyakan digunakan oleh para pengguna blog yang mengerti tentang HTML agar supaya bisa mengkustomisasikan tampilan isi dari posting blog sesuai dengan seleranya.

Sekarang, marilah kita mengenal beberapa menu dan fungsi yang terdapat pada halaman kerja tab "Posting" secara keseluruhan.
LANGKAH-LANGKAH MENGUPLOAD TUGAS DAN TULISAN DI BLOG DAN STUDENT SITE
1. Pertama-tama, tentukan tema tulisan dan tugas yang ingin ditulis
2. Lalu sebaiknya, tulislah dalam Microsoft Word atau aplikasi pengolah kata lainnya. Agar terlihat lebih rapih.
3. Cari referensi mengenai tulisan/tugas yang ditulis agar tepat kebenarannya, dan bisa dibuktikan. Bisa dari internet, buku, majalah, ataupun koran.
4. Setelah sudah selesai dikerjakan , jangan lupa menuliskan sumber atau daftar pustaka untuk referensi yang didapat dan digunakan sebelumnya.
5. Lalu, bukalah blog yang ingin dijadikan tempat meng-upload tugas-tugas dan tulisan-tulisan tersebut.
pada Ms.Word sebelumnya, lalu tinggal diedit sesuka hati agar keliatan lebih rapih lagi dan lebih menarik.
7. Setelah semua tugas dan tulisan diupload di Blog, lalu bukalah website Studentsite.
8. Setelah itu, login sesuai ID masing-masing.
9. sekarang pilih menu tugas atau tulisan (UG PORTOFOLIO) sesuai yang ingin anda masukan
10. berikan judul(title) pada tugas/tulisan tersebut dan copy link pada bagian bawahnya(URL)
11. setelah itu submit , SELESAI
 Sumber :

1 komentar:

  1. Hei kawan, karena kita ini mahasiswa gunadarma, tolong ya

    blognya di kasih link UG, seperti www.gunadarma.ac.id, Studentsite studentsite.gunadarma.ac.id dan lain lain karna

    link link tersebut mempengaruhi kriteria penilaian mata kuliah soft skill

    Selain itu, Yuk ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi Desember 2012 ini diperuntukan

    bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang untuk setiap kategori. link

    http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

    Oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan BAAK, maka dari

    itu, yuk pasang RSS di Blog kalian...untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS, silahkan

    kunjungi link inihttp://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    makasi :)

    BalasHapus